4 Fakta Tentang Penggunaan Internet



Pada artikel sebelumnya Saya sudah membahas cukup panjang mengenai masalah pembuatan web offline di komputer. Membuat web offline biasa juga dikatakan pembuatan website lokal yang dapat dijalankan pada komputer offline atau tanpa adanya koneksi dari internet. Pada artikel ini pembuatannya webnya tidak serumit yang Saya bahas sebelumnyamembuat web dengan bahasa pemrograman php dan lain – lain. Karena, pembuatan website untuk artikel kali ini adalah dengan menggunakan platform web instant yaitu Joomla.




Joomla adalah salah satu platform web instan yang tidak membutuhkan keahlian khusus dalam bidang bahasa pemrograman. Cara membuat website dengan joomla hanya dengan mengklik saja dengan menggunakan mouse. Karena, proses pembuatannya sama dengan menginstal program di komputer, cukup simple cepat dan mudah.




Sebelum Anda membuat website dengan joomla Anda memerlukan beberapa software terlebih dahulu yaitu joomla ini sendiri dan juga xampp. Tapi, jika Anda telah membaca artikel sebelumnya tentang “Cara Install Xampp Untuk Bikin Web di Windows 7” artinya Anda tinggal memasuki tahap penginstalan joomlah di localhost komputer Windows Anda. Bagaimana langkah – langkah penginstalan dari web instan joomla ini? Simak tahap – tahapnya di bawah ini.


– Pertama – tama download joomla melalui link berikut ini, download joomla.


– Setelah download Anda selesai, ekstrak file joomla tersebut.


– Copy folder joomla tersebut ke folder instalasi xampp yang telah terinstal tadi yang berada di c:\xampp\htdocs.


– Tahap selanjutnya adalah buka browser Anda, dan ketikkan localhost pada url bar.


– Untuk langkah selanjutnya adalah Anda harus membuat database untuk penginstalan joomla ini, melalui link http://localhost/phpmyadmin/ pada url bar Anda.


– Pada halaman ini Anda harus memasukkan nama database dari web joomla Anda pada kolom Ciptakan Database Baru (Create new database). Contoh nama database yang Saya masukkan adalah “Joomla” kemudian klik tombol create (ciptakan).


– Setelah Anda selesai membuat database tersebut, buka tab baru dan masukkan kembali alamat folder tempat Anda menyimpan file – file joomla tadi. Karena, Saya tadi langsung mengcopy foldernya langsung jadi nama folder instalasi adalah http://localhost/joomla.


– Klik saja Next hingga sampai ke tahap/langkah keempat.


– Pada tahap ini Anda harus mengisi data – data untuk penginstalan CMS joomla ini. Data – datanya yang harus Anda isi adalah sebagai berikut ini.


Database type : mysql (default tersisi)

Host name : localhost (default tersisi)

Username : root (default tersisi)

password : biarkan kosong

Database : joomla (nama database yang telah Anda buat tadi di phpmyadmin)


– Setelah Anda melengkapi pengisian tersebut, klik Next.


– Untuk ditahap selanjutnya adalah pengaturan untuk FTP Configuration. Tapi, pada tahap ini Anda tidak perlu mengisi apapun, jadi klik Next saja.


– Pada tahap selanjutnya adalah pengisian data tentang web Anda, mulai dari nama domain hingga Titlenya, dan klik Next.


– Jika, penginstalan Anda berhasil maka akan muncul pemberitahuan pada halaman selanjutnya “Congratulation”.


– Jika, setelah berhasil diinstal tutup browser Anda dan hapus folder instalasi yang bernama “installation” joomla yang Anda copy tadi ke dalam folder xampp/htdocs.


– Buka kembali browser Anda dan ketikkan url localhost/joomla, dan web instan joomla Anda telah berhasil terinstal.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengecilkan Perut dengan Long Arm Crunch

Cara Melakukan Senam Kegel untuk Lelaki