Cara Melakukan Senam Kegel untuk Lelaki

Ada beberapa hal yang bisa membuat otot dasar panggul seorang pria melemah, misalnya gangguan pada kandung kemih, operasi pengambilan prostat atau prostatektomo radikal dan penyakit gula. Untuk kembali menguatkannya, seorang pria akan sangat membutuhkan senam kegel.


Beberapa gangguan kesehatan pada pria yang mungkin akan mendapatkan manfaat dari senam kegel adalah ketidakmampuan orang tersebut untuk menahan keinginan untuk buang air kecil ataupun air besar serta terjadinya kebocoran urin, dimana ada urin yang menetes setelah buang air besar.










Cara melakukan senam kegel bagi pria : 
Mencari Otot yang Tepat
Untuk mencari dan menemukan otot dasar panggul, Anda bisa melihatnya dengan cara menahan gas yang akan keluar dari dubur atau menghentikan air seni pada saat Anda buang air kecil. Setelah menemukan daerah tersebut, Anda bisa kemudian melihatnya melalui cermin. Otot dasar panggul Anda akan naik bersama dengan alat kelamin dan zakar Anda. 

Menyempurnakan Teknik
Ketika Anda sudah melihat otot dasar panggul Anda, sudah saatnya Anda melakukan senam kegel dengan cara mengosongkan kandung kemih lalu kemudian berada pada posisi berbaring dengan mengangkang dan kaki ditekuk. Untuk mengencangkan otot dasar panggul, yang harus Anda lakukan adalah menahan kontraksi selama 3 detik lalu melepaskan selama 3 detik. Ulangi gerakan ini hingga beberapa kali. Jika otot Anda sudah semakin kencang, maka Anda sudah senam ini sambil duduk, berdiri bahkan berjalan. 

Menfokuskan pada Otot Dasar Panggul
Jika Anda ingin mendapatkan hasil terbaik dari senam ini, sebaiknya Anda hanya memfokuskan pada otot dasar panggul. Saat melakukan senam ini, bernapaslah seperti biasa dan hindari untuk menahan napas. 

Repetisi
Saat melakukan gerakan ini, ulangi sebanyak tiga hingga sepuluh sekali dalam sehari. 
Menjadikannya Sebagai Rutinitas 


Agar hasil dari senam ini menjadi lebih optimal, lakukanlah senam ini ketika Anda juga melakukan rutinitas harian. Contohnya, saat Anda menggosok gigi, Anda juga bisa melakukannya sambil melakukan senam kegel.


Manfaat dari Senam Kegel


Seperti yang telah disebutkan bahwa salah satu manfaat dari senam kegel adalah untuk mengurangi kebocoran urin. Dan jika Anda rutin melakukannya dalam kurun waktu 3 hingga 6 pekan, kebocoran urin akan berkurang.


Selain mengurangi kebocoran urin, senam kegel juga bisa meningkatkan kemampuan ranjang Anda. Oleh karena itu, lakukanlah secara rutin setiap hari.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengecilkan Perut dengan Long Arm Crunch